Rabu, 04 Februari 2009

Gempa lagi...

Gempa P. Morotai, Maluku Utara Tidak Berpotensi Tsunami

JUM'AT, 30 JANUARI 2009 07:42 WIB
BANDUNG. Gempabumi tektonik akibat tumbukan antar lempeng benua yang melanda P. Morotai, Maluku Utara tanggal 29 Januari 2009 lalu berpusat dilaut pada kedalaman 212 km. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami namun masyarakat diminta mewaspadai kemungkinan terjadinya gempa susulan.

”Gempa yang terjadi di P. Morotai, Maluku Utara tidak berpotensi tsunami karena walaupun berpusat dilaut namun energi yag dikeluarkan tidak cukup kuat untuk memicu terjadinya gelombang tsunami”, ujar Kepala Bidang Pengamatan Gempabumi dan Gerakan Tanah, Badan Geologi E. Kusdinar Abdurrachman.

Gempabumi yang mengguncang P. Morotai berkekuatan 5,4 SR terjadi pada tanggal 29 januari 2009, pada pukul 02:52:01 WIB, pusat gempa berada pada koordinat 2,44 LU dan 128,43 BT. Pusat gempa berada dilaut pada kedalaman 212 km berjarak 225 km Utara Ternate. Penyebab gempa diperkirakan akibat aktifitas tumbukan antar lempeng benua Sangir Thrust, Ternate Thrust, dan Punggungan Mayu.

E. Kusdinar Abdurrachman menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas Satlak dan Satkorlak PB. Gempabumi ini tidak menimbulkan tsunami karena energi yang dikeluarkannya tidak terlampau kuat. Kemungkinan terjadi gempa susulan masih terjadi dengan energi yang lebih kecil dari gempa utama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar